Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Smartphone Android pada Playstore

Deva setiawan adalah situs sharing informasi mengenai tutorial tips dan trik smartphone dan memberikan informasi berita terbaru serta membagikan kisah perjalanan hidup sehari-hari

January 31, 2019

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Smartphone Android pada Playstore

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Android pada Playstore | Devasetiawan.com - Banyak sekali Hp android atau smartphone yang memiliki ram diatas 1 Gb tapi tidak bisa melakukan  peginstalan aplikasi sosmed ataupun games di smartphone, nah hal ini akan membuat smartphone kamu terlihat membosankan karena tidak terinstal aplikasi yang ingin kamu gunakan.

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Smartphone Android pada Playstore

Pada artikel  ini saya akan menjelaskan bagaimana cara paling mudah yang bisa kamu lakukan sendiri agar bisa kembali melakukan penginstalan aplikasi pada smartphone kamu. Karena cara ini lah yang paling mudah sekali dilakukan dan biasanya efektif untuk mengatasi masalah gagal penginstalan pada smartphone android.

Mungkin biasanya masalah gagal dalam penginstalan terjadi pada smartphone yang memiliki ram cukup kecil, tapi dalam hal ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ada juga smartphone yang memiliki ram besar tatapi juga tidak bisa melakukan menginstal aplikasi atau game dari Playstore, dan gara-gara masalah ini akhirnya mereka menjual smartphone mereka untuk membeli smartphone baru yang bisa melakukan penginstalan aplikasi. padahal sayang sekali karena ada cara lain agar bisa mengatasi masalah gagal menginstal di playstore ini.


Baiklah kali ini saya akan menjelaskan apa saja penyebab gagalnya melakukan penginstalan aplikasi di playstore pada smartphone android.

1. Memori Penuh
Memori pada smartphone kamu yang masih penuh akibat masih banyak data cache belum dihapus, solusinya yaitu dengan memindahkan data memori dari perangkat ke SD card (memory card) dan kamu bisa menghapus cache yang penuh pada smartphone bisa lewat pengaturan lalu buka bagian penyimpanan kemudian hapus saja berkas atau aplikasi yang tidak digunakan.

2. Kualitas Jaringan
Kualitas pada jaringan yang sangat kecil bukan masalah untuk yang menggunakan jaringan 4G atau 3G, mungkin kualitas jaringan internet kamu bermasalah untuk melakukan pengunduhan aplikasi di playstore, untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengaktifkan mode pesawat lalu mematikan kembali agar jaringan kembali normal, jika masih tidak bisa coba gunakan wifi.

3. Terdapat Virus di Android
Hal ini memungkinkan sekali pada saat mendownload musik, foto, atau MP3.

Cara mudah mengatasi error atau gagal penginstalan di playstore

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Smartphone Android pada Playstore

1. Kosongkan Memori
Mengosongkan memori bertujuan untuk memberi tempat atau luang pada aplikasi lain agar bisa diinstal karena jika memori kamu penuh untuk melakukan penginstalan kemungkinan besar akan gagal, jadi kosongkan saja memori pada smartphone android kamu agar bisa menginstal aplikasi yang kamu inginkan.



2. Download Pada Website
Mendownload aplikasi tidak dilakukan pada Play Store melainkan di Google, karena banyak web penyedia aplikasi android selain di play store. cara nya cukup mudah, kamu search di google aplikasi yang ingin kamu download. misalnya aplikasi Pubg Mobile, maka akan ada bebrapa website yang menyediakan link download untuk aplikasi pubg mobile, proses pengunduhan tidak melalui playstore melainkan langsung di aplikasi google tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Smartphone Android pada Playstore

Nah mungkin itulah cara yang sangat mudah untuk melakukan penginstalan aplikasi diluar Playstore kita tinggal mendownloadnya lalu memasangkannya di HP Android kamu, Jangan pusing dengan banyaknya virus jika mendownload di Google, padahal itu tidak benar bahwa masih ada beberapa yang baik yang masih menyediakan link download untuk aplikasi atau games tanpa mengandung virus.


Nah sekarang coba kamu lakukan apa yang saya jelaskan tadi karena setelah membaca artikel ini pasti kamu penasaran bahwa masalah yang satu ini pasti sering terjadi di smartphone android terutama pada smartphone yang memiliki ram cukup kecil dan kapasitas memori yang kecil.

Agar caranya lebih mudah maka ikuti saja cara ini dari awal atau langkah demi langkah agar tidak ada masalah yang terlewati ikuti step by step dan jika masih tetap saja susah mendownload di Play Store atau di Google maka itu pasti ada masalah pada smartphone Android kamu. Sarankan untuk membawa ke konter atau service smartphone khusus Android bisa jadi terdapat masalah pada software atau di hardwarenya karena jika diservis pasti nanti bisa diketahui sebelah mana letak permasalahannya Apakah di software atau hardware pada smartphone kamu.

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Smartphone Android pada Playstore

Jika permasalahannya di RAM yang sangat gede maka adanya kesalahan di hardware, biasanya terjadi pada smartphone yang terkena air atau kemasukan air ke dalam baterai atau di lubang speakernya Hal ini dapat menyebabkan fungsi dari pengunduhan gagal sehingga tidak bisa mengguakan aplikasi di Android kamu.

Semoga kamu bisa mengatasi masalah untuk gagal melakukan penginstalan aplikasi pada smartphone android, jangan lupa share kepada teman-teman mu agar mereka bisa mengatasi masalah seperti ini. semoga bermanfaat. Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Smartphone Android pada Playstore

5 komentar:

  1. "Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi Di Smartphone Android pada Playstore"

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih Bang Tutorialnya. Sangat Bermanfaat 🤘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih Telah berkunjung, jangan lupa dishare ya postingannya ☺️

      Delete