Subhanallah..Inilah Janji Nabi Muhammad Bagi yang Memiliki 2 Anak Perempuan yuk di bagikan.

Deva setiawan adalah situs sharing informasi mengenai tutorial tips dan trik smartphone dan memberikan informasi berita terbaru serta membagikan kisah perjalanan hidup sehari-hari

June 27, 2019

Subhanallah..Inilah Janji Nabi Muhammad Bagi yang Memiliki 2 Anak Perempuan yuk di bagikan.

kedatangan anak dalam rumah tangga muslim menggambarkan nikmat yang besar dari allah taala. tetapi, sebagian orang terdapat yang lebih mendambakan kedatangan anak pria daripada anak wanita.
anak pria dikira lebih mulia daripada anak wanita. mereka bangga dan juga bergembira tatakala dikaruniai anak pria.


kebalikannya, untuk sebagian orang kedatangan anak wanita menggambarkan aib dan juga dikira musibah. mereka berkecil hati dan juga kecewa bila dikaruniai anak wanita.
sementara itu kedatangan anak wanita pula tercantum nikmat dari allah. terlebih lagi islam secara spesial menarangkan tentang keutamaan anak wanita dan juga ganjaran untuk orangtua yang memelihara dan juga mendidik kanak – kanak wanita mereka.
al – imam muslim rahimahullah membikin suatu bab dalam kitab sahihnya dengan judul “keutamaan berbuat baik kepada kanak – kanak perempuan”. dia mengantarkan 3 hadis bagaikan berikut:
kesatu. hadits dari aisyah radhiyallahu anha, dia mengatakan,
“ada seseorang perempuan yang tiba menemuiku dengan bawa 2 anak perempuannya. ia meminta – minta kepadaku, tetapi saya tidak memiliki whatever kecuali satu buah kurma.
kemudian akau bagikan suatu kurma tersebut untuknya. perempuan itu menerima kurma tersebut dan juga membaginya jadi 2 buat dikasih kepada kedua anaknya, sedangkan ia seorang diri tidak turut memakannya.
setelah itu perempuan itu bangkit dan juga keluar berbarengan anaknya. sehabis itu nabi shallallahu alaihi wa sallam tiba dan juga saya ceritakan kejadian tadi kepada dia, hingga nabi shallallhu alaii wa sallam bersabda,
‘barangsiapa yang diuji dengan kanak – kanak wanita, kemudia ia berbuat baik kepada mereka, hingga kanak – kanak wanita tersebut hendak jadi penghalang dari siksa api neraka’. ” (h. r muslim 2629)
kedua. diriwayatkan pula dari aisyah radhiyallahu anha, dia mengatakan,
“seorang perempuan miskin tiba kepadaku dengan bawa 2 anak perempuannya, kemudian saya memberinya 3 buah kurma.
setelah itu ia berikan buat anaknya tiap – tiap satu buah kurma, dan juga satu kurma bakal ia masukkan ke mulutnya buat dimakan seorang diri.
tetapi kedua anaknya memohon kurma tersebut. hingga sang bunda juga membagi 2 kurma yang semula bakal ia makan buat dikasih kepada kedua anaknya.
kejadian itu membuatku takjub sampai – sampai saya ceritakan perbuatan perempuan tadi kepada rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. hingga nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
‘sesungguhnya allah telah menetapkan menurutnya surga dan juga membebaskannya dari neraka’. ” (h. r muslim 2630)
ketiga. diriwayatkan dari teman anas bin malik radhiyallahu anhu, ia mengatakan kalau rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
“barangsiapa yang mengayomi 2 anak wanita sampai berusia hingga dia hendak tiba pada hari kiamat bersamaku. ” (anas bin malik mengatakan : nabi mencampurkan jari – jari jemari dia). (hr muslim 2631)
hadis – hadis di atas menampilkan keutamaan kanak – kanak wanita dalam agama islam. imam an – nawawi rahimahullah berkata,
“hadis – hadis di atas menampilkan keutamaan berbuat baik kepada kanak – kanak wanita, berikan nafkah kepada mereka, dan bersabar dalam mengurus segala urusan mereka. ”
anak wanita menggambarkan tes untuk orangtua. sebagian orang tidak suka dengan kedatangan anak wanita dan juga amat bergembira kala mempunyai anak pria.
oleh karna itu kedatangan kanak – kanak wanita dikira bagaikan tes. imam an nawawi rahimahullah menarangkan,
“anak wanita diucap sebgai ibtilaa (tes) karna lazimnya manusia tidak menggemari mereka. ” perihal ini pula sebagaimana allah taala firmankan:
وَإِذَا بُشِّرَ أَحَدُهُم بِالْأُنثَىٰ ظَلَّ وَجْهُهُ مُسْوَدًّا وَهُوَ كَظِيمٌ () يَتَوَارَىٰ مِنَ الْقَوْمِ مِن سُوءِ مَا بُشِّرَ بِهِ ۚ أَيُمْسِكُهُ عَلَىٰ هُونٍ أَمْ يَدُسُّهُ فِي التُّرَابِ ۗ أَلَا سَاءَ مَا يَحْكُمُونَ
“dan apabila seorang dari mereka diberi laporan dengan (kelahiran) anak wanita, hitamlah (merah padamlah) wajahnya, dan juga ia amat marah. dia menyembunyikan pribadinya dari orang banyak, diakibatkan buruknya berita yang di informasikan kepadanya. apakah ia hendak memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah hendak menguburkannya ke dalam tanah (hidup – hidup) ? ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu. “ (qs an – nahl: 58 – 59)
yang diartikan mengayomi anak wanita merupakan menunaikan hak – hak mereka serupa makan, baju, tarbiyah, dan juga lain – lain. imam an – nawawi rahimahullah menarangkan,
“yang diartikan merupakan menunaikan hak – hak dengan menafkahi dan juga mendidik mereka dan penuhi kebutuhan – kebutuhan yang yang lain. ”
ada ganjaran yang besar untuk orangtua yang mengayomi anak wanita mereka, berbentuk nikmat surga, terhalangi dari siksa api neraka, dan juga keakraban berbarengan nabi shallallahu alaihi wa sallam di akhirat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Subhanallah..Inilah Janji Nabi Muhammad Bagi yang Memiliki 2 Anak Perempuan yuk di bagikan.

0 komentar:

Post a Comment